Menjaga Milik-Nya

 


Apa yang sesungguhnya menyertai semesta ini adalah menjadi kepemilikan-Nya, baik yang ada di dalamnya maupun diantara keduanya. Semuanya sudah menjadi ketetapan yang telah diciptakan-Nya. Semua makhluk yang Dia ciptakan mempunyai derajat yang sama, yang membedakan hanya ketakwaan pada-Nya (al-Hujurat: 13).

Dan tahukah bahwa diantara segala makhluk ciptaan-Nya yang paling istimewa sekaligus sempurna adalah manusia. Manusia diberikan beban tanggung jawab yang begitu besar yakni sebagai khalifah fil ard. Luar biasanya beban tersebut sebelum diamanahkan kepada manusia ditawarkan kepada makhluk ciptaan-Nya yang lain seperti awan dan gunung. Namun, mereka dengan halus menolak tawaran dari Allah karena merasa tidak mampu memikulnyya.

Terakhir tawaran diberikan kepada manusia. Dan manusia pun memikulnya karena Allah yakin manusia mampu dan memang mempunyai keistimewaan dibandingkan makhluk ciptaan Allah swt yang lain. Lantas, apa yang membedakannya? Manusia diberikan akal yang mana dengannya manusia dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Jadi, sebagai manusia seyogyanya kita senantiasa bersyukur atas rahmat yang telah dianugerahkan dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada-Nya.

Menjaga apa yang sudah diamanahkan kepada kita merupakan salah satu bentuk tanda syukur kita kepada Yang Maha Kuasa. Mencintai suratan takdir yang telah diberikan dan merawat apa-apa yang telah dianugerahkan. Bila kita yang tidak menjaga, lalu siapa? Apalagi sampai merusak. Naudzubillah. Yuk kita jaga dan terus charge keimanan kita agar derajat ketakwaan kita semakin tinggi di hadapan-Nya. Menjadi Hamba yang sesungguhnya meraih ridlo-Nya. Aamiin.


Menjaga Milik-Nya Menjaga Milik-Nya Reviewed by Wahyuni Tri Erna on Oktober 31, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

top navigation

Diberdayakan oleh Blogger.