Kamu Orang yang Introvert? Coba Baca Ini!

 


Apakah kamu termasuk orang yang introvert? Jika iya, mungkin kamu sering mendengar banyak asumsi mengenai orang introvert adalah orang yang antisosial dan tidak bisa bergaul. Padahal itu adalah mitos. Orang introvert sejatinya bukan antisosial. Mereka hanya membatasi lingkaran pergaulan mereka. Orang yang introvert mempunyai daya analisis yang tinggi dan tepat. Sehingga, biasanya mereka hanya akrab dan sangat terbuka dengan orang yang mereka anggap lolos analisis.

Namun kamu jangan salah. Meski mereka hanya dekat dengan orang-orang tertentu saja, tidak menjadikan mereka antisosial. Mereka tetap berkomunikasi dan bercengkrama dengan masyarakat luas, tapi tidak seintens lingkaran pergaulaan mereka. Sebab, orang yang introvert lebih mengedepankan kualitas hubungan daripada kuantitas pertemanan.Bahkan saat mendapat kesempatan tampil di depan publik, orang introvert akan lebih powerfull bila diimbangi dengan pengembangan publik speaking. 

Menurut pandangan orang yang ahli di bidang pengembangan talenta, Nelly Mathias, orang introvert me-recharge energi dengan me-time atau mempunyai waktu sendiri. Saat sendiri, otomatis introvert punya banyak waktu, dan kebanyakan mereka akan senang memaanfaatkan waktu tersebut untuk belajar mengembangkan minat yang dimilikinya.

Selain mitos di atas, ada mitos lain yakni orang yang introvert sulit untuk meraih sukes. Orang yang introvert mempunyai kelebihan sepertihalnya orang ekstrovet yang dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Lalu apa saja keistimewaannya? Berikut keistimewaan orang introvert:

1. Dapat menjadi penulis yang hebat.

Seorang introvert lebih suka menulis daripada berbicara. Hal ini dapat dimanfaatkan menjadi seorang penulis, karena biasanya seorang introvert memiliki pemikiran yang luas dan imajinatif.

2. Dapat menjadi pemimpin yang baik.

Biasanya seorang introvert selalu memikirkan jalan keluar apa yang ia mulai. Dapat mengenali dan menganalisa permasalahan kemudian mencari cara untuk memecahkan masalah.

3. Memiliki tingkat fokus yang sangat tinggi.

Seorang introvert tidak mudah terganggu dengan hal-hal di sekitarnya. Oleh karena itu,  ia lebih fokus dan teliti dalam mengerjakan sesuatu.

4. Memiliki kemampuan informasi yang besar. 

Walaupun jarang berinteraksi dengan orang banyak, seorang introvert  memiliki pengetahuan terhadap banyak hal. Hal ini karena ia memiliki rasa ingin tahu yang besar dan  banyak hal yang membuatnya membaca sehingga menambah pengetahuan yang dimiliki.

Contoh orang yang berkepribadian introvert tapi dapat sukses di bidangnya masing-masing adalah Elon Musk, J.K Rowling, Bill Gates, Ir. Soekarno, Raditya Dika dan sebagainya. Mereka mempunyai kepribadian introvert, tapi mereka dapat mencapai tujuan yang dicita-citakan. Mereka membuktikan kepada kita bahwa mereka bisa. Jadi, bila kamu orang yang iintrovert tidak perlu insecure, tapi justru harus bekerja keras dan gunakan taktik dengan mengembangkan kelebihan yang dimiliki di atas. Pasti kamu juga akan lebih cepat sukses!. 





Kamu Orang yang Introvert? Coba Baca Ini! Kamu Orang yang Introvert? Coba Baca Ini! Reviewed by Wahyuni Tri Erna on Juli 10, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

top navigation

Diberdayakan oleh Blogger.