Treads dan Twitter Berbeda Tapi Serupa. Apa Bedanya?

 


Aplikasi yang tengah viral bernama Treads resmi dirilis pada Kamis (06/07/2023). Treads dirilis oleh Mark Zuckerberg, CEO Meta yakni sebuah perusahaan teknologi besar yang berada di Amerika.

Aplikasi ini ramai diperbincangkan warganet karena digadang-gadang Treads akan menjadi pesaing kuat bagi Twitter. Sebagaimana yang kita tahu, saat ini twitter tengah mendapat cuitan pedas dari warganet lantaran kebijakan yang dikeluarkan oleh pemiliknya yakni Elon Musk. Pengguna twitter kecewa karena Elon membatasi jumlah twit.

Hadirnya treads seolah menjawab kekecewaan tersebut. Buktinya, Threads kini sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna hanya dalam waktu tujuh jam perilisan. Sekilas, Treads dan Twitter serupa tapi berbeda. Lalu, apa saja perbedaannya? Simak penjelasan di bawah ini, ya!

1.     Jumlah Karakter Unggahan Teks

Pengguna Treads bisa berbagi unggahan teks seperti Twitter. Hanya saja pengguna Treads dibatasi maksimal 500 karakter. Sedangkan Twitter dibatasi maksimal 280 karakter untuk yang belum diverifikasi. Pengguna Twitter harus membayar Rp 120.000,00 perbulan untuk memverifikasi akunnya. Baru setelah itu bisa menggunggah teks maksimal 25.000 karakter.

2.     Durasi Unggahan Video

Pengguna Treads bisa mengunggah video berdurasi lima menit, baik yang verified maupun belum. Sedangkan Twitter pengguna yang belum diverifikasi hanya bisa mengunggah dua menit dua puluh detik.

3.     Fitur Bagikan GIF

Treads belum mendukung format GIF (Gambar bergerak), sedangkan Twitter sudah.

4.     Fitur Trending

Pengguna Treads hanya bisa scrolling beranda, sementara di Twitter penggunanya bisa melihat apa yang tengah menjadi trending topik.

5.     Verifikasi Akun

Pengguna Treads dapat centang biru jika sudah terverifikasi di akun Instagram. Sementara di Twitter untuk memverifikasi bisa membayar Rp. 120.000,00 setiap bulan.

6.     Sinkronisasi Aplikasi

Pengguan treads harus menghubungkan dengan akun Instagram. Jadi, nama akun Treads akan sama dengan Instagram. Sedangkan Twitter, penggunanya tidak harus punya akun sosial media lain.

7.     Tampilan Jumlah Following

Pengguna Treads harus membuka profil dan klik jumlah pengikut baru bisa melihat followers. Sementara pengguna Twitter dapat melihat jumlah followers dan following langsung di profil.


Treads dan Twitter Berbeda Tapi Serupa. Apa Bedanya? Treads dan Twitter Berbeda Tapi Serupa. Apa Bedanya? Reviewed by Wahyuni Tri Erna on Juli 08, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

top navigation

Diberdayakan oleh Blogger.